dz2r8onbHBm8WZ86mGRir9Pd4dldbMsOIEyLw5WV

7 Cara Minum Kopi Yang Baik dan Sehat | Infocek.com

cara minum kopi yang baik dan sehat


Kopi amerupakan salah satu dari sumber kafein yang alami dan terkaya dalam makanan. Kafein adalah stimulan, yang mtermasuk menjadi salah satu alasan mengapa kopi menjadi sangat populer.

Namun jika Anda minum kopi di sore hari, hal tersebut dapat mengganggu waktu tidur Anda. Tidur yang buruk dikaitkan dengan awal mulanya semua jenis masalah kesehatan.

Untuk alasan ini, penting untuk tidak minum kopi pada sore hari. Jika harus, pilih kopi tanpa kafein atau pilih secangkir teh, yang mengandung kafein jauh lebih sedikit daripada kopi.

Tidak minum kopi setelah pukul 14.00 adalah pedoman yang baik. Meskipun demikian, tidak semua orang sama sensitifnya terhadap kafein, dan beberapa orang mungkin tidur nyenyak meskipun mereka minum kopi di sore hari.

Namun, jika Anda merasa bisa meningkatkan kualitas tidur, menghindari kopi di sore hari bisa menjadi strategi yang efektif.

Ada banyak cara lain untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tip berbasis sains.

Waktu Terbaik Minum Kopi

1. Jangan Buat Kopi Dengan Gula

Meskipun kopi itu sendiri menyehatkan, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi sesuatu yang berbahaya.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan sejumlah besar gula ke dalamnya. Menambahkan gula bisa dibilang salah satu bahan terburuk dalam makanan modern.

Gula, terutama karena tingginya jumlah fruktosa, dikaitkan dengan semua jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

Jika Anda tidak bisa membayangkan menjalani hidup Anda tanpa pemanis dalam kopi Anda, gunakan pemanis alami seperti stevia.

Ada banyak cara untuk mengurangi asupan gula tambahan lebih jauh. Berikut adalah 14 strategi tambahan .

Baca Juga Info: Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

2. Pilih Merek Berkualitas, Lebih bagus Organik

Kualitas kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam.

Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak pernah dimaksudkan untuk dikonsumsi manusia.

Namun, efek kesehatan dari pestisida dalam makanan masih kontroversial. Saat ini ada bukti terbatas bahwa mereka menyebabkan kerusakan ketika ditemukan pada tingkat produk yang rendah.

Namun, jika Anda khawatir dengan kandungan pestisida pada kopi Anda, pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik. 

3. Hindari Minum Terlalu Banyak

Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Meskipun asupan kopi dalam jumlah sedang itu sehat, minum terlalu banyak dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan.

Asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki berbagai efek samping yang merugikan, meskipun sensitivitas orang bervariasi.

Secara umum, Health Canada merekomendasikan tidak melebihi 1,1 mg per pon (2,5 mg per kg) berat badan per hari.

Mengingat bahwa secangkir kopi rata-rata mungkin mengandung sekitar 95 mg kafein, ini setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat 176 pon (80 kg) .

Namun, jumlah kafein yang jauh lebih tinggi (400–600 mg) per hari (sekitar 4–6 cangkir) tidak terkait dengan efek samping yang merugikan pada kebanyakan orang.

4. Tambahkan Beberapa Kayu Manis ke Kopi Anda

Kayu manis adalah bumbu lezat yang bercampur dengan baik dengan rasa kopi. Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes.

Jika Anda membutuhkan rasa, coba tambahkan sejumput kayu manis. Ini sangat bagus. Untuk menurunkan risiko potensi efek samping, pilihlah kayu manis Ceylon daripada kayu manis Cassia yang lebih umum, jika memungkinkan.

5. Hindari Krim Rendah Lemak

Komersial rendah lemak dan buatan creamers cenderung sangat diproses dan mungkin mengandung bahan-bahan dipertanyakan.

Namun, tidak banyak penelitian tentang efek kesehatan dari pembuat krim kopi non-susu. Isinya bervariasi berdasarkan merek, dan beberapa mungkin lebih sehat daripada yang lain.

Namun demikian, makanan alami utuh umumnya merupakan pilihan yang lebih baik. Alih-alih krim non-susu, pertimbangkan untuk menambahkan krim penuh lemak ke kopi Anda, sebaiknya dari sapi yang diberi makan rumput.

Studi menunjukkan bahwa produk susu mengandung beberapa nutrisi penting. Misalnya, produk susu adalah sumber kalsium yang sangat baik dan dapat mengurangi risiko osteoporosis dan patah tulang.

Selain itu, susu sapi yang diberi makan rumput mengandung beberapa vitamin K, yang juga terkait dengan peningkatan kesehatan tulang.

6. Tambahkan Beberapa Kakao ke Kopi

Kakao sarat dengan antioksidan dan dikaitkan dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung. Coba tambahkan sedikit bubuk kakao ke kopi Anda untuk menambah rasa.

Caffè mocha, versi caffè latte rasa coklat, disajikan di banyak kedai kopi. Namun, caffè mocha biasanya dimaniskan dengan gula. Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah dan tidak perlu menambahkan gula.

7. Seduh Kopi Anda Menggunakan Kertas Filter

Kopi yang diseduh mengandung kafestol, diterpen yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun, mengurangi levelnya sederhana. Cukup gunakan filter kertas. Menyeduh kopi dengan filter kertas secara efektif menurunkan jumlah kafestol tetapi membiarkan kafein dan antioksidan bermanfaat melewatinya.

Namun, kafestol tidak semuanya buruk. Studi terbaru pada tikus menunjukkan itu memiliki efek anti-diabetes.

Kesimpulan

Kopi adalah minuman populer yang dikenal dengan efek stimulannya. Asupan kopi yang tinggi dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan . Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan manfaat ini lebih jauh.

Yang terpenting, hindari meminum kopi Anda dengan tambahan gula. Sebagai gantinya, Anda bisa membumbui kopi Anda dengan menambahkan sejumput kayu manis atau coklat.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar