dz2r8onbHBm8WZ86mGRir9Pd4dldbMsOIEyLw5WV

7 Cara Efektif Mengobati Jamur Kuku Secara Alami | Infocek.com

Jamur kuku terjadi ketika organisme mikroskopis kecil yang disebut jamur berada di bawah kuku kaki Anda, menyebabkan infeksi, menurut American Academy of Dermatology (AAD).

Fakta yang tidak terlalu menyenangkan: Jamur yang sama yang menyebabkan gatal di selangkangan dan kutu air juga dapat menyebabkan jamur kuku, yang dapat menginfeksi kuku dan kulit di bawahnya, kata Gary Goldenberg, MD , asisten profesor klinis dermatologi di Sekolah Icahn. Kedokteran di Rumah Sakit Mount Sinai di New York.

Bergantung pada jenis jamur yang Anda hadapi, infeksi dapat menyebabkan banyak gejala yang tidak menyenangkan, termasuk:

  • Perubahan warna kuku (kuku kuning, coklat, hijau, atau putih)
  • Penumpukan kotoran di bawah kuku
  • Mengangkat kuku dari kulit
  • Kuku menebal atau hancur
  • Kuku menipis atau pecah

Jamur kuku sangat mudah menular dan, jika Anda mengalami infeksi jamur di kaki Anda, jamur dapat menyebar ke satu atau lebih kuku Anda.

cara mengobati jamur kuku secara alami

Lantas, apa penyebab jamur kuku kaki?

Anda bisa tertular jamur kuku kaki di tempat yang hangat dan lembap seperti dek kolam renang atau ruang loker gym. Jika seseorang mengalami infeksi dan berjalan tanpa alas kaki di permukaan sebelum Anda, Anda dapat dengan mudah mengambilnya, kata AAD.

Kuku basah dalam jangka waktu lama, seperti memakai sepatu berkeringat atau sepatu bot basah sepanjang hari, juga bisa menyebabkan jamur kuku kaki.

Orang-orang tertentu lebih mungkin terkena jamur kuku kaki daripada yang lain. Anda lebih mungkin menghadapi jenis infeksi ini jika Anda memenuhi kriteria berikut:

  • Anda tinggal di iklim yang panas dan lembab
  • Anda memiliki kaki atlet
  • Anda pernah mengalami infeksi kuku di masa lalu
  • Anda menderita diabetes
  • Anda melukai kuku baru-baru ini
  • Anda menderita psoriasis
  • Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah
  • Anda merokok
  • Anda menghabiskan banyak waktu tanpa alas kaki
  • Anda memakai sepatu tertutup yang ketat dan kaki Anda berkeringat
  • Anda menghabiskan banyak waktu di dalam air

Pada akhirnya, “siapa pun bisa terkena jamur kuku kaki,” kata Dr. Goldenberg. Namun, ia paling sering melihatnya pada atlet, orang yang bertelanjang kaki di gym atau kolam renang, dan pasien yang lebih tua.

Cara mengobati jamur kuku kaki Secara Alami

Terlepas dari apa yang mungkin Anda dengar, menutupi infeksi Anda dengan cat kuku atau kuku palsu tidak akan menghilangkan jamur kuku, kata AAD.

Ada beberapa cara berbeda untuk membasmi jamur kuku kaki, baik Anda sedang mencari pengobatan rumahan atau pengobatan resep yang lebih kuat. Ketahuilah ini, menurut Dr. Goldenberg: "Mengobati jamur kuku sangat sulit."

Tetapi semakin awal Anda mengobati infeksi kuku, semakin besar kemungkinan Anda menyembuhkannya, jelas Joshua Zeichner, MD , seorang dokter kulit bersertifikat dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Medical Center. “Perawatan bisa memakan waktu beberapa bulan, bahkan hingga satu tahun, karena Anda harus menunggu kuku yang sehat tumbuh, yang merupakan proses yang lambat,” katanya.

Jika Anda lebih suka menjalani cara alami terlebih dahulu, ini adalah pengobatan rumahan yang patut dicoba — ditambah, pilihan resep yang lebih kuat untuk ditanyakan apakah infeksi berlanjut. Biasanya diperlukan waktu tiga bulan pengobatan untuk menyembuhkan infeksi jamur kuku kaki.

1. Oleskan pada Vicks VapoRub

Vicks VapoRub mengandung bahan antijamur yang diketahui seperti kamper dan minyak kayu putih, kata Graedon.

Dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Journal of American Board of Family Medicine , 83 persen orang yang menggunakan kapas untuk mengoleskan Vicks dalam jumlah kecil ke kuku yang terkena setidaknya sekali sehari melaporkan perbaikan, sementara hampir 20 persen sembuh. infeksi seluruhnya.

Cara menggunakannya : Ikuti petunjuk peserta penelitian dan gunakan kapas untuk mengoleskan Vicks sedikit ke kuku yang terkena sekali sehari. Untuk hasil terbaik, gunakan larutan saat Anda punya waktu untuk membiarkannya kering sebelum mengenakan kaus kaki atau sepatu.

2. Rendam dalam Listerine dan cuka putih

Kombinasi bahan antijamur Listerine (seperti timol dan mentol) dan keasaman cuka membuat lingkungan tidak ramah bagi jamur. “Perawatan ini efektif untuk kuku hijau yang mungkin memiliki apa yang disebut 'organisme atipikal',” kata Dr. Goldenberg. Namun, jika Anda memiliki jamur kuku kaki sejati, kemungkinan tidak akan berhasil.

Cara menggunakannya : Gabungkan keduanya dalam porsi yang sama dan rendam jari-jari kaki Anda dalam larutan tersebut, idealnya selama 45 sampai 60 menit setiap hari.

3. Oleskan minyak pohon teh

Minyak pohon teh telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memerangi kondisi kulit, terutama infeksi jamur, kata Graedon. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak dapat menghentikan dan membunuh infeksi jamur dengan menghancurkan lapisan luar sel jamur dan mengganggu cara kerjanya. Sekali lagi, ini mungkin tidak berfungsi di semua kasus.

Cara menggunakannya: Bubuhkan beberapa tetes minyak pohon teh pada kuku kaki yang terkena dua kali sehari.

4. Pilihlah tepung jagung

Perlu diketahui: Ini sebagian besar bersifat anekdot. “Kami telah mendengar dari beberapa pembaca bahwa ini telah menghilangkan jamur,” kata Graedon. Karena sifat antijamurnya, tepung jagung telah lama digunakan sebagai cara untuk menghalau penyakit jamur bercak hitam dari mawar, menurut sebuah tinjauan penelitian tahun 2014 .

Cara menggunakannya: Tuang tepung jagung ke dalam wajan dangkal, campur dengan air panas hingga larut menjadi pasta, biarkan dingin, lalu rendam kaki Anda di dalamnya selama satu jam seminggu.

5. Teteskan sedikit minyak oregano

Minyak oregano mengandung timol, senyawa alami dengan sifat antijamur. Satu studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam BMC Complementary & Alternative Medicine menemukan bahwa timol mengurangi kehadiran jamur hampir 90 persen.

6. Cobalah obat topikal

Ada beberapa resep obat yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk mengobati jamur kuku

Selain itu, beberapa pengobatan OTC yang mengandung agen antijamur seperti tolnaftate dan klotrimazol (paling umum digunakan untuk mengobati kutu air, kurap, dan infeksi kulit jamur lainnya) juga dapat dicoba untuk perbaikan sementara — tetapi bukan pengobatan permanen.

“Mereka efektif dalam mengobati kutu air dan dapat membantu kuku yang terinfeksi sampai tingkat tertentu, tetapi tidak mungkin membersihkan infeksi jamur kuku karena formulasi tersebut tidak secara efektif menembus ke dalam kuku itu sendiri,” jelas Dr. Zeichner. Salah satu solusi topikal yang tidak meresap ke dalam kuku? Perawatan sikat yang disebut Jublia , opsi yang disetujui FDA yang dapat Anda tanyakan kepada dokter kulit Anda.

Cara menggunakannya: Masing-masing memiliki instruksi khusus, tetapi Anda biasanya menerapkan obat langsung ke kuku Anda. Perawatan ini membantu mencegah jamur baru keluar saat kuku Anda tumbuh, kata Dr. Goldenberg.

7. Tanyakan tentang pil antijamur

Jika pengobatan topikal tidak berhasil, dokter Anda mungkin meresepkan salah satu pil antijamur berikut:

  • Flukonazol
  • Griseofulvin
  • Itraconazole
  • Terbinafine

Cara menggunakannya: Pil antijamur bekerja lebih cepat daripada obat yang dioleskan pada kuku, kata AAD, tetapi Anda masih harus mengharapkan penggunaan yang konsisten selama beberapa bulan, sesuai petunjuk dokter Anda.

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar