dz2r8onbHBm8WZ86mGRir9Pd4dldbMsOIEyLw5WV

NVIDIA Vs AMD Lebih Bagus Yang Mana | Infocek.com

NVIDIA Vs AMD - Tahun 2010-an bukanlah waktu yang tepat untuk AMD, itu pasti. Selain berjuang dengan seri CPU FX mereka yang bertahun-tahun di belakang apa yang dijual Intel,

AMD juga mengalami kesulitan bersaing dengan Nvidia di pasar GPU, karena "Team Green" mendominasi kelas atas sementara AMD hanya dapat benar-benar mengikuti di kelas bawah dan menengah.

Namun, AMD akhirnya kembali pada tahun 2017, dimulai dengan rilis CPU Ryzen yang telah lama ditunggu-tunggu yang sekarang menjadi pilihan yang sangat populer untuk pembuatan game.

Kemudian, pada 2019, AMD meluncurkan GPU berbasis RDNA 7nm yang kini digantikan oleh model RDNA2 baru.

Dalam panduan ini, kita akan melihat seberapa baik AMD berhasil bersaing dengan Nvidia pada tahun 2021 dan, pada akhirnya, perusahaan mana yang menawarkan GPU gaming yang lebih baik saat ini.


nvidia vs amd


Harga & Performa

amd vs nvidia

Secara alami, pertanyaan utama saat membahas GPU adalah pertanyaan tentang kinerja. Bagaimana skornya dalam tolok ukur, dan jenis kinerja apa yang dapat dikelola dalam resolusi yang berbeda?

Yah, tidak mungkin untuk menggeneralisasi subjek ini karena performanya jelas sangat bervariasi dari model ke model, dan tergantung pada harganya.

Jika kita melihat model anggaran murah, AMD dulu lebih unggul di departemen ini, karena GPU anggaran mereka hampir secara konsisten mengungguli apa pun yang ditawarkan Nvidia pada titik harga yang sama.

Ketika membandingkan penawaran anggaran terbaru dari kedua perusahaan, Nvidia menarik sedikit ke depan, meskipun ironisnya, beberapa kartu RX 500 berbasis Polaris lama AMD masih menjadi pilihan terbaik jika Anda membutuhkan uang, karena mereka menawarkan nilai yang baik untuk uang Anda.

Sedangkan untuk Navi, RX 5500 XT agak mengecewakan. Varian 4 GB  dan 8 GB dari kartu secara kasar setara dengan Nvidia's GTX 1650 Super dan hampir tidak bisa mendekati GTX 1660 Super, yang akhirnya membuat RX 5500 XT kartu yang sangat tidak menarik bagi mereka yang ingin mendapatkan nilai terbaik untuk uang mereka dalam kisaran harga ini.

Namun, karena model anggaran RTX 3000 dan RX 6000 generasi terbaru belum keluar, sekarang bukan waktu yang ideal untuk membangun PC gaming murah, terutama jika Anda ingin sedikit lebih tahan masa depan.

Sementara itu, di kelas menengah , persaingannya sedikit lebih ketat, dan GPU berbasis RDNA AMD yang lebih kuat bisa lebih dari sekadar bertahan melawan kartu GTX dan RTX yang ditawarkan Nvidia saat ini.

RX 5600 XT ($ 279) berkinerja jauh lebih baik daripada GTX 1660 Ti dengan harga yang sama ($ 279), sambil tetap mengikuti RTX 2060 asli ($ 349), meskipun RTX 2060 Super yang ditingkatkan ($ 399) memang memiliki sedikit lebih tinggi Selain itu, ia juga memiliki penelusuran sinar, sementara RX 5700 XT ($ 399) tetap menjadi pilihan nilai keseluruhan yang bagus dalam kisaran ini yang dapat bersaing dengan RTX 2070 Super ($ 499) yang jauh lebih mahal.

Namun, RTX 3060 Ti baru ($ 399) membuat semuanya keluar dari air, karena menawarkan kinerja yang sebanding dengan model high-end generasi terakhir seperti RTX 2080 Super. Sampai AMD tampil dengan RX 6700 XT atau sesuatu yang lain yang dapat bersaing pada titik harga yang disebutkan di atas, RTX 3060 Ti akan tetap menjadi kartu kelas menengah terbaik saat ini di pasar.

Ketika kita sampai ke kelas atas , dulunya adalah cerita lama yang sama - Nvidia memiliki monopoli di sini, karena RTX 2070 Super, RTX 2080 Super, dan RTX 2080 Ti mereka mendominasi pasar. Dan sementara RX 5700 XT dapat bersaing dengan RTX 2070 Super dan menawarkan nilai yang sangat baik untuk uangnya, AMD tidak memiliki apa pun yang akan menantang kartu andalan Nvidia.

Perubahan

Seri RX 6000 baru AMD telah terbukti lebih dari mampu untuk mengalahkan Nvidia di kelas atas. RX 6800 ($ 579) mengungguli RTX 3070 ($ 499) dengan margin yang terlihat di sebagian besar game, sehingga berpotensi membenarkan harga yang sedikit lebih tinggi.

Sementara itu, RX 6800 XT ($ 649) secara umum cocok dengan RTX 3080 yang lebih mahal ($ 699), meskipun Nvidia memang memiliki sedikit keunggulan di sini. GPU AMD seolah-olah menawarkan nilai yang lebih baik untuk uang Anda, tetapi jika Anda membidik GPU kelas atas dalam kisaran harga ini, kemungkinan perbedaan $ 50 tidak akan terlalu menjadi masalah.

Akhirnya, kami memiliki yang terbaik dari yang terbaik: RX 6900 XT ($ 999) dan RX 3090 ($ 1499), keduanya merupakan produk yang sangat khusus dan tidak mungkin menarik bagi khalayak yang lebih luas.

RX 6900 XT sedikit lebih unggul dari RTX 3080 dalam hal kinerja, tetapi dengan harga premium yang signifikan, sementara RTX 3090 yang terlalu mahal, dengan memori GDDR6X 24 GB, akan lebih menarik bagi pengguna profesional daripada pemain permainan.

Sekarang, perlu diingat bahwa kami menggunakan harga MSRP dan kinerja umum sebagai referensi saat mengomentari GPU yang disebutkan di atas, karena kinerjanya pasti akan bervariasi dari satu game ke game lain dan harga juga akan bervariasi dari model ke model, serta berdasarkan pasar. kondisi.

Jika Anda sedang berbelanja untuk kartu grafis baru sekarang, Anda mungkin ingin melihat pilihan kartu grafis terbaik tahun 2021 kami . Perhatikan bahwa kami melakukan yang terbaik untuk selalu memperbarui panduan pembelian kami, jadi jika Anda melihat beberapa info usang, itu berarti artikel tersebut kemungkinan dijadwalkan untuk pembaruan dalam waktu dekat.

NVIDIA RTX vs GTX

Fitur baru yang paling banyak dipasarkan dari GPU Turing 2018 adalah kemampuan pelacakan sinar waktu nyata mereka , jadi apa itu pelacakan sinar waktu nyata, dan apakah itu sepadan di tahun 2021?

Sesuai dengan namanya, dengan pelacakan sinar waktu nyata, pencahayaan dalam game dapat dirender jauh lebih realistis karena GPU melacak jalur sinar cahaya virtual dan dengan demikian lebih akurat mensimulasikan cara mereka berinteraksi dengan objek di lingkungan. Secara alami, manfaat penelusuran sinar paling terlihat jika terdapat banyak permukaan reflektif di sekitarnya.

Selama dua tahun terakhir, ray tracing adalah fitur eksklusif Nvidia yang hanya ditemukan di GPU RTX-nya, meskipun AMD kini telah memperkenalkan dukungan ray tracing dengan model RX 6000 terbaru mereka.

Sekarang, tidak dapat disangkal bahwa penelusuran sinar adalah langkah maju yang penting dalam hal pencarian grafis fotorealistik yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Tetapi apakah itu benar-benar masalah besar saat ini?

Nah, ada beberapa faktor yang mengerem hype train ray tracing, yaitu sebagai berikut:

Itu menuntut pada perangkat keras . Saat diaktifkan, penelusuran sinar dapat menghasilkan kinerja yang besar, terkadang langsung memotong FPS menjadi dua. Hit kinerja ini paling terlihat dengan GPU yang lebih lemah, dan itu juga bervariasi dari game ke game.

Manfaatnya tidak selalu jelas . Tentu, demo dan segmen teknologi yang dirancang untuk memamerkan penelusuran sinar akan terlihat luar biasa dengan fitur ini diaktifkan, tetapi ketika tidak ada permukaan reflektif di sekitarnya, penelusuran sinar masih memberikan kinerja yang mencolok sambil menawarkan sedikit atau tidak ada peningkatan yang terlihat dalam hal visual.

Tidak semua game mendukungnya . Pada Desember 2020, lebih banyak game yang mendukung pelacakan sinar daripada sebelumnya, tetapi ini masih jauh dari fitur universal, bahkan untuk judul AAA yang besar.

Perlu dicatat bahwa GPU Nvidia masih memiliki keunggulan dalam hal kinerja penelusuran sinar, terutama pada game yang mendukung DLSS . Jadi, jika Anda benar-benar peduli dengan penelusuran sinar, Nvidia mungkin akan menjadi pilihan yang lebih baik, meskipun kartu RX 6000 baru memiliki performa yang mengagumkan dalam hal kinerja dan nilai dalam game secara keseluruhan.

Bagaimanapun, seperti yang telah kami sebutkan di atas, penelusuran sinar masih jauh dari fitur utama, meskipun pasti menuju ke sana, dengan PlayStation 5 dan Xbox Series X yang kompatibel dengan penelusuran sinar.

VRR - AMD FreeSync vs Nvidia G-Sync

freesync vs gsync

Meskipun V-Sync cukup baik untuk monitor 60Hz, itu sama sekali tidak layak untuk monitor dengan kecepatan refresh tinggi misalnya, 120 Hz, 144 Hz, 240 Hz, dan lainnya.

Ini karena V-Sync mencegah robeknya layar dengan membatasi jumlah frame yang dikeluarkan oleh GPU, sehingga memastikan bahwa framerate dan kecepatan refresh monitor tidak pernah keluar dari sinkronisasi. Namun, ada beberapa kekurangan seperti gagap dan input lag.

Tak perlu dikatakan, jika Anda berniat untuk mendapatkan monitor dengan kecepatan refresh yang tinggi, pasti akan datang dengan salah satu dari dua teknologi: AMD FreeSync atau Nvidia G-Sync .

Pada intinya, teknologi ini berfungsi dengan cara yang sama - keduanya menggunakan perangkat keras untuk memastikan bahwa kecepatan refresh monitor selalu sama dengan framerate, sehingga keduanya tidak akan pernah tidak sinkron terlepas dari seberapa liar framerate mungkin berfluktuasi , sehingga menghilangkan robekan layar tanpa tersendat-sendat atau input lag.

Freesync Vs Gsync

Namun, semuanya ada sisi negatifnya.

Monitor Nvidia G-Sync cenderung lebih mahal, dan karena sejumlah alasan. Pertama, Nvidia menjalankan kontrol kualitas yang ketat, dan semua monitor G-Sync harus memenuhi standarnya sebelum disetujui. Selain itu, OEM harus membayar biaya lisensi untuk menggunakan G-Sync, dan mereka harus membeli modul scaler langsung dari Nvidia, karena merekalah satu-satunya yang membuatnya.

Sebuah modul scaler adalah bagian dari perangkat keras yang dibangun ke dalam monitor yang membuat VRR mungkin, dan sementara Nvidia dasarnya memiliki monopoli pada scaler G-Sync, AMD memungkinkan OEM untuk menggunakan modul scaler pihak ketiga dan mereka tidak memerlukan mereka untuk lisensi membayar biaya untuk menggunakan teknologi.

Hasilnya, FreeSync jauh lebih populer dan tersedia di monitor yang lebih murah, tetapi implementasinya tidak selalu sempurna, dan beberapa monitor hanya akan bekerja dalam kisaran tertentu .

Sisi baiknya, ada banyak monitor yang Kompatibel dengan G-Sync di luar sana sekarang, yaitu monitor yang tidak menggunakan modul scaler Nvidia dan tidak melalui proses pengujian tetapi masih kompatibel dengan G-Sync. Sisi negatifnya adalah mereka kekurangan beberapa fitur yang akan Anda dapatkan dengan layar G-Sync bersertifikat seperti ultra low motion blur, overclocking, atau variable overdrive. 

Apa Itu Gsync Dan Freesync

Kompatibilitas juga pernah menjadi masalah besar di masa lalu, karena FreeSync hanya bekerja dengan GPU AMD dan G-Sync hanya bekerja dengan GPU Nvidia, meskipun situasinya sekarang tidak hitam-putih seperti dulu.

GPU Nvidia sekarang berfungsi dengan monitor FreeSync, meskipun GPU AMD belum kompatibel dengan G-Sync. Namun, ini juga akan segera berubah.

Pada akhirnya, kedua teknologi ini akan menyelesaikan pekerjaan, tetapi FreeSync jelas merupakan pilihan anggaran, sedangkan G-Sync adalah yang premium. Sifat kepemilikan G-Sync masih membuatnya cukup mahal, tetapi Nvidia perlahan-lahan beralih ke pendekatan yang lebih liberal, jadi siapa yang tahu apa yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Kesimpulan

nvidia vs amd

Jadi, setelah mempertimbangkan, perusahaan mana yang saat ini menawarkan GPU yang lebih baik, Nvidia atau AMD?

Jawabannya tidak keduanya .

Mengapa?

Yah, karena tidak mungkin membuat generalisasi tanpa membandingkan model GPU tertentu, karena kedua perusahaan menawarkan solusi berbeda pada titik harga berbeda yang dapat memenuhi persyaratan dan batasan anggaran berbagai pelanggan. Selain itu, situasinya bisa berubah secara drastis dari tahun ke tahun.

Persaingan pasti jauh lebih baik daripada beberapa tahun terakhir, itu sudah pasti. AMD dulunya adalah pilihan definitif untuk anggaran dan build mid-range sementara Nvidia memiliki monopoli di kelas atas, tetapi sekarang banyak hal berubah, karena Nvidia menawarkan lebih banyak persaingan dalam kisaran harga yang lebih rendah sementara AMD akhirnya mengambil Nvidia di kelas atas.

Secara keseluruhan, keduanya berada dalam kondisi yang cukup seimbang sekarang, dan semakin banyak AMD yang berhasil menutup kesenjangan dan memberikan persaingan yang memadai di seluruh spektrum harga, semakin baik jadinya untuk semua dompet 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar